08 November 2008

Mengapa Bangsa Ini Tertinggal?

Mengapa Bangsa Ini Tertinggal?

Oleh : Muhammad Syamsuri Abdul Faqir Jalaluddin Ar-Rumy




Jaman dahulu sudah terkenal akan kearifan budaya dan keagungan corak budaya yang dihasilkannya. Contoh
yang paling gress berdiri dengan gagahnya Candi Brobudur. Ini menandakan bahwa bangsa ini sudah mengenal sejarah yang melebihi kemampuan Negara lain. Kenyataannya Negara ini tertinggal dari Singapura, Malaysia, Kanada, Australia, New Zealand yang nyata-nyatanya adalah Negara yang baru berdiri.
Memang tidak jaminan lamanya suatu Negara berdiri, ini bisa dibandingkan dengan Mesir dan India yang sudah
berabad-abad sejarahnya. Ditengah sumberdaya alam yang membanggakan juga tidak menjadi jaminan, Swiss yang tidak memiliki apa-apa justru menjadi pengekpor coklat yang terkenal dan berbagai produksi lainnya seperti Nestle yang terkenal itu. Jepang yang daratannya lebih banyak diisi pegunungan dan tidak bisa menjadi Negara pertanian malah bisa menjadi raksasa Industri yang mengimpor bahan mentah dan menjadikannya bernilai eksport tinggi. Nah apa yang menjadikannya seperti ini? Apa yang membuat banyak Negara seperti kita tertinggal diantara bejibunnya sumber daya alam.
Perbedaannya adalah pada sikap/perilaku masyarakatnya, yang telah dibentuk sepanjang tahun melalui kebudayaan dan pendidikan.
Berdasarkan analisis atas perilaku masyarakat di negara maju, ternyata bahwa mayoritas penduduknya sehari-harinya mengikuti/mematuhi prinsip-prinsip dasar kehidupan sebagai berikut.

Prinsip Dasar Kehidupan
1. Etika, sebagai prinsip dasar dalam kehidupan sehari-hari.
2. Kejujuran dan integritas
3. Bertanggung jawab
4. Hormat pada aturan & hukum masyarakat
5. Hormat pada hak orang/warga lain
6. Cinta pada pekerjaan
7. Berusaha keras untuk menabung & investasi
8. Mau bekerja keras
9. Tepat waktu

Bagaimana dengan prola piker dan prilaku masyarakat kita..?
Di negara terbelakang/miskin/ berkembang, hanya sebagian kecil masyarakatnya mematuhi prinsip dasar kehidupan tersebut. Kita bukan miskin (terbelakang) karena kurang sumber daya alam, atau karena alam yang kejam kepada kita.. Kita terbelakang/lemah/miskin karena perilaku kita yang kurang/tidak baik.. Kita kekurangan kemauan untuk mematuhi dan mengajarkan prinsip dasar kehidupan yang akan memungkinkan masyarakat kita pantas membangun masyarakat, ekonomi, dan negara.
Sungguh sanggat ironis sekali, desa, negara dengan kesuburan tanah yang tidak dimiliki oleh Negara berkembang di dunia pun sekalian, masih ada yang kekurangan makan, masih ada yang putus sekolah kurangnya biaya, masih banyak pengangguran yang tidak dibudidayakan…

Salah siapa ini semua..?
Apa ini pertanda kekuasaan Allah untuk kita sadar dan inggat kepadaNya, ingat tujuan hidup, inggat dengan potensi yang kita sia-siakan..ingat..dan ingat…atas apa yang telah kita perbuat selama ini…
Sudah waktunya kita apa, dan apa yang harus kita lakukan untuk menuju perubahan sebelum terjadinya krisis global yang mendunia di sebabkan dari Negara adikuasa- AS.



-----------------------------------
Muhammad Syamsuri Abdul Faqir Jalaluddin Ar-Rumy
Email: afjar_21@yahoo.com
kontak : 017-3312334
http://www.muhsyamsurie.blogspot.com

Tidak ada komentar: